Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika

Blogkamarku.com – Hallo sahabat semua salam jumpa dan selamat datang untuk para pengunjung semua,semoga anda selalu sehat dan berbahagia selalu,Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah postingan buat anda para pemula atau newbie,jadi yang sudah ahli mungkin tidak membutuhkan panduan ini karena sudah hafal betul dan saya tekankan kembali ini untuk para pemula yang ingin mengetahui Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika.
Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika
Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika

Banyak dapat kita temui di beberapa toko Online yang menjual sebuah alat yang bernama Voltmeter dan biasanya sudah ada juga yang di satukan dengan amper meter dalam satu tamplin visual nya,namun ada juga yang bisa kita dapatkan secara terpisah,antara voltmeter dan juga amper meter secara satu satu.

Bentuknyapun beragam dari mulai yang menggunakan petunjuk konvensional atau analog,dan ada juga yang paling baru serta kekinian yang menggunakan metode digital dengan tampilan display LCD yang cukup menarik dan terkesan lebih modern,tapi balik lagi pada selera masing – masing ,lebih suka yang mana dalam penggunaan nya karena pada dasarnya penggunaan alat ini ya sama aja toh buat mengukur Volt yang di keluarkan serta arus yang ingin kita ketahui berapa amper.

Baca Juga :
Cara Mengatasi setrika Rusak dan tidak Panas
Power Class D 2.1 TPA 3116 Digital Amplifire Cara Pemasangan dan Ulasan Lengkap nya
Power Class D Mini PAM 8610 yang Mungil Berkualitas
Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika sebenarnya cukup mudah ,dan anda bisa pasang menyatu dengan rangkaian pada power amplifier atau rangkaian catu daya power suplay,atau juga bisa berdiri sendiri sebagai pendukung untuk keperluan pengecekan tegangan pada rangkaian elektronika yang lain nya agar di ketahui apakah ada kenaikan tegangan atau penurunan dari yang semestinya,sehingga anda dengan mudah mengetahui kerusakan pada alat elktronika anda.

Alat ini juga sangat kompatibel dengan beberapa peralatan lain nya apabila anda ingin pasang voltmeter ini seperti pada sepeda motor juga bisa,atau pada panel panel catu daya dan bisa juga pada mobil anda agar di ketahui batas aman suplay teganggan yang cocok dan tidak merusak peralatan lain nya dimana ada kesalahan arus .

Harga nyapun bervariasi dari yang cukup murah dengan tampilan satu display saja sampai dengan di satukan dengan beberapa fasilitas lain nya seperti ,Amper Meter dan juga lain nya,untuk harga ada yang dari sekitar lima belas ribuan sampai dengan ratusan ribu jadi tinggal bagaimana ke inginan lain nya yang lebih komplit.

Ada yang sudah di lengkapi dengan frame dan ada juga yang hanya modul saja, untuk Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika ini sebenarnya cukup mudah apabila kita menggunakan yang terdapat 2 kabel saja dan hanya untuk volt meter,anda tinggal sambungkan saja bagian untuk power nya yang terdapat dua kabel berwarna merah dan hitam pada power suplay atau tegangan yang akan di ukur.

Namun akan sedikit berbeda apabila anda ingin memasang Volt dan amper digital yang sudah menyatu dalam satu modul atau frame,ini membutuhkan sedikit pengetahuan ,terutama anda yang baru dalam bidang elektronika,karena terdapat beberapa kabel yaitu tiga kabel berwarna merah ,Hitam dan kuning,serta ada tambahan dua kabel dengan bentuk lebih besar dengan dua warna yaitu merah dan hitam.

Untuk panduan nya adalah sebagai berikut

Untuk kabel kecil berwarna Kuning – Merah  - Hitam
Merah ( Positif jalur Untuk Tegangan Suplay pada Voltamper digital ini )
Hitam - ( Untuk Jalur tegangan suplay Negatif )
Kuning  - ( Untuk Mengukur arus beban atau amper pada perangkat elktronik yang di gunakan )

Untuk Kabel Besar Berwarna Hitam dan Merah
( Untuk mengukur tegangan yang akan di ukur pada rangkaian elektronik )

Caranya dengan menempelkan kabel hitam pada jalur ground yang di ukur,dan tempelkan kabel merah pada jalur Positif arus tegangan yang akan di ukur,maka hasil pengukuran akan tampak pada layar LCD Berapa Volt yang terbaca.

Baca Juga :
Cara Memperbaiki Bor tangan Listrik Mati Tiba tiba
cara pasang vu display Pada Power Mono

Kelebihan Voltmeter Pada Rangkaian elektronika antara lain

- Bisa mengukur dengan kemampuan Dwi Fungsi yaitu sebagai pengukur Volt meter dan amper meter
- Mampu mengukur Arus yang cukup besar sampai dengan beban 20 amper
- Mampu mengukur arus tegangan cukup tinggi juga yaitu 0Volt – Sampai 100 Volt DC
- Tingkat akurasi cukup tinggi yaitu 0.2A dan 0.01Volt
- Arus Kerja sanagat kecil yaitu 60Ma
- Untuk Power Suplay bisa menggunakan 4.5 Volt sampai dengan 30 Volt
- Suhu Kerja Cukup aman yaitu 10 sampai 65 Derajat Celcius
- Kecepatan Pengukuran 500Ms
- Kabel Pin 5 Buah
- Dimensi Cukup Kecil yaitu 48 x29 x 21 mm
- Display yang berwarna cerah dengan tampilan LED Warna Merah dan Biru atau bisa juga warna lain
- Harga Cukup Murah dan terjangkau

Untuk Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika ini cukup mudah ,dan supaya lebih mudah anda bisa perhatikan gambar berikut ini,untuk pemasanganjalur Power suplay pada volt meter ini seperti pada gambar.

Untuk memasang atau mengukur jalur Volt tegangan yang akan di ukur bisa menggunakan panduan seperti pada gambar diatas dan tentunya jangan sampai terbalik atau salah daam pemasangan nya
Sedangkan untuk mengukur beban arus atau amper,anda tinggal perhatikan jalur pemasangan kabel warna kuning.
Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika
Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika

Oke sahabat semua semoga Cara Pasang Voltmeter Pada Rangkaian elektronika ini bisa bermanfaat untuk anda semua,terutama untuk anda para pemula dan bisa mencoba nya dengan berhasil….selamat mencoba dan salam sukses….





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

.

Iklan Bawah Artikel