Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005


Blogkamarku.com – Hallo sahabat dan sobat semua para pengunjung ,selamat datang buat anda yang baru saja berkunjung ke sini,Membuat power amplifier mini ini memang mengasikan apalagi anda yang sangat hobby otak atik pada perangkat audio dan juga rangkaian elektronik.

Amplifire mini bisa sangat berguna buat pelengkap audio rumahan atau hanya sebagai penambah koleksi rangkaian audio yang anda punya,seperti pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah cara Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005 dengan cukup mudah dan dengan rangkaian yang sudah bisa mendukung format audio stereo.

Power Gainclone memang sudah sangat di kenal dan termasuk punya penggemar fanatic atau punya komunitas tersendiri,karena power gainclone ini termasuk power clas yang termasuk high end,apa sih yang membedakan power gain clone ini dengan power pada umumnya,nah biasanya para builder terutama di bidang audio sudah sangat hafal betul perbedaan dari power gainclone ini di bandingkan dengan power yang bisa kita temukan secara umum.

Baca Juga :
portable headphone amplifier PCB Layout
class d amplifier Apex PCB D2000
Power STK Watt Besar yang sederhana
Penerapan atau jenis power gainclone ini biasanya memang tidak terlalu besar atau berbeda dengan power – power yang di butuhkan pada sound – sound besar seperti untuk lapangan dan konser,ya jelas bedalah dari bentuk nya aja sudah jauh berbeda…wkkkkk.

Nah kelebihan dari power gainclone ini adalah dengan menggunakan sedikit komponen dan cukup simple untuk di rakit,tapi untuk urusan kualitas suara jangan di ragukan lagi,karena memang jenis power ini lebih mengedepankan kualitas suara atau clarity dan bebas Hum dan Noise.

Namun jangan salah bisanya power – power jenis gainclone menggunakan spare part komponen yang bisa di bilang cukup mahal ,seperti pada power yang ada pada postingan artikel kali ini yaitu sebuah IC LM 1875 Apalagi yang Ori ,bayangkan saja untuk sebuah power yang akan di buat sperti di rangkaian ini bentuk jadi nya bisa berharga sekitar Rp.500.000 atau ada juga yang berada di bawah nya.

Baca Juga :
Membuat subwoofer dengan IC LA 4440
skema tone control mono Namec Low Noise
Mini amplifier yang sangat mudah untuk di buat
Yang membuat mahal adalah spare part komponen nya yang berkualitas tinggi dan itulah kelebihan power gainclone di banding power pada umumnya,namun jangan khawatir sobat semua ,apabila anda sulit menemukan nya atau harga nya cukup mahal anda bisa mengganti nya dengan IC TDA 2005 tapi cari yang berkualitas cukup bagus ya,jangan yang abal – abal karena akan kurang kualitas nya
Begitu juga dengan komponen pendukung lain nya seperti audio philer dan resistor serta capasitor yang berkualitas bagus.

untuk  Suplay anda bisa menggunakan power suplay yang di regulasi dengan baik dengan tegangan input 20 sampai 25 Volt ,nah untuk pola atau layout Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005 anda bisa simak pada gambar berikut ini.
Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005
Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005

Lanjut pada pola bagian atas atau layout penempatan komponen nya,anda bisa perhatikan ya jangan salah penempatan seperti pada gambar berikut ini.
Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005
Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005

Untuk membuat pola atau bagian dasar tembaga,sebagai  penghubung setiap kaki komponen dan tempat menyolder anda bisa menggunakan pola layout sebagai berikut.
Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005
Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005

Nah sahabat semua ,bagaiman cukup mudah bukan apabila kita lihat gambar nya,saya yakin pada praktek nya juga tidak terlalu rumit dan membuat anda pusing bukan,nah semoga Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005 ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba …….salam sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel