Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL

Blogkamarku.com – Hallo sahabat salam jumpa kembali,Membuat sebuah amplifier mini dengan kualitas yang cukup bagus memang mengasikan dan tentunya akan sangat Puas apabila kita bisa membuatnya sendiri,Apalagi dengan system BTL yang memang membuat Power amplifier yang kita buat menjadi lebih bertenaga dan lebih nendang,di bandingkan dengan Power stereo yang Biasa saja.

Nah seperti Pada kesempatan kali ini kita akan membuat sebuah Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL yang mudah kita buat dan dengan Penggunaan Komponen yang sedikit dan mudah sekali kita dapatkan,Bahkan anda bisa juga memanfaatkan beberapa Komponen Bekas yang masih bagus,daripada terbuang percuma dan tidak kita pakai bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah ampli mini yang sederhana dan cukup bagus untuk kita pakai sebagai Power rumahan yang cukup bagus.

Baca Juga :
Rangkaian Power Supply Untuk Power Lapangan dan Indor
PCB Layout Power amplifier Gain Clone LM 3886
Mungkin bagi para sahabat sudah tidak asing lagi dengan Komponen atau IC yang di pergunakan kali ini,yaitu sebuah IC Populer seri TDA dan memang sudah kita tau beberapa kelebihan IC TDA yang sering di pergunakan sebagai IC Power amplifier baik untuk Speaker active,atau di pergunakan pada power Compo dan lain – lain.

Serta Komponen yang lain nya sangat mudah sekali kita dapatkan,beserta ukuran ukuran komponen yang tidak terlalu banyak Yaitu hanya beberapa Buah Capasitor dan elco serta satu buah Resistor,Untuk Pembuatan ampli mini ini saya sarankan agar menggunakan IC yang berkualitas bagus,karena di pasaran banyak tersedia yang aspal  atau KW di mana pada penerapan nya,kita tidak bisa untuk mengadjut Voltage tegangan nya dan biasanya di batasi hanya untuk teganggan rendah.

Sedangkan untuk Kualitas IC yang cukup baik,bisa menggunakan ST atau yang lebih tinggi ,kita bisa menaikan tegangan lebih dan jangan lupa untuk menggunakan Pendingin yang cukup tebal,agar IC yang kita gunakan lebih awet dan kuat saat kita pakai untuk jangka panjang dan lama.

Baca Juga :
Cara Membuat Amplifire Mini 12v Mono TDA 2005
PCB Layout Power Amplifire TDA 2005 Stereo
Untuk Daftar Komponen Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL ini bisa anda Catat sebagai Berikut :
IC – TDA 2003 X 2Buah
Potensio – x1 Buah ( 10/100k )
Resistor – 680 x 1 Buah
Capasitor – 100nf x 6 Buah
Capasitor -102nf x 1 Buah
Jumper x 2 Buah
Elco – 10uf/25v x 1 Buah
Terminal 2 Pin ( Molek ) x 2 Buah

Ukuran PCB 67 X 37 MM

Untuk penampakan gambar full dari layout ini anda bisa lihat pada gambar berikut .
Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL
Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL


Sebagai panduan dalam memudahkan Pada pemasangan setiap komponen ,anda bisa menggunakan panduan gambar seperti berikut ini.
Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL
Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL

Sedangkan untuk membuat Jalur PCB nya atau pada bagian tembaganya,anda bisa mencetak atau juga membuat secara manual dengan Pola berikut ini.
Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL
Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL

Untuk uji coba silahkan anda hubungkan dengan sumber sinyal dan jangan lupa kasih power suplay ,bisa dengan memberi teganggan 12 V ,2 ampere atau lebih agar Ampli Mini Rakitan TDA 2003 BTL ini bisa berbunyi,apabila tidak menampakan tanda kehidupan silahkan anda cek bagian bagaian yang di pasang siapa tau ada yang terbalik atau sudah short.

Oke sahabat semua selamat mencoba dan semoga bermanfaat,salam sukses selalu..




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel