Mengetahui Fungsi MCB Pada Rangkaian Listrik.

Blogkamarku.com – Hallo sahabat semua selamat datang dan salam sukses untuk anda serta para pengunjung yang kebetulan singgah di blog sederhana ini.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Mengetahui Fungsi MCB Pada Rangkaian Listrik. Nah tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan alat yang satu ini,yaitu sebuah alat yang di setiap rumah Penduduk kita jumpai dan biasanya kita bisa lihat pada meteran listrik yang di pasang pada luar rumah.
Mengetahui Fungsi MCB Pada Rangkaian Listrik.
Mengetahui Fungsi MCB Pada Rangkaian Listrik.

Lalu untuk apasih fungsi dan kegunaan nya,mungkin untuk para pemula belum paham atau juga untuk kalangan umum masih asing dengan sebutan nya pun,terbukti di kampung saya ,masih banyak yang menyebut nya dengan salah atau sekena nya saja,ada yang nyebut NCB atau ada juga yang mnyebutnya braker atau Juga sekering.

Nah Pada kesempatan kali ini kita bahas sedikit agar kita lebih tau tentang guna nya alat ini,Lalu Apa sih MCB ini ? Nah MCB adalah kepanjangan nya Miniature Circuit Braker Atau alat pemutus Hubungan Listrik yang berbentuk Mini,Biasanya di buat dengan system Mekanik serta Fungsi utamanya adalah menyambungkan dan juga memutus aliran listrik pada sebuah instalasi,Sebagai contoh pada instalasi Rumah anda.

Baca Juga :
power supply lcd lg Rusak Mati total Periksa dahulu Komponen nya
Info Harga Kabel Suprame terbaru
Kabel Listrik Warna Hitam dan fungsi nya
Jadi Fungsi nya adalah sebagai Penghantar atau penyambung arus listrik sesuai kebutuhan dan juga beban yang di perlukan,namun di satu sisi Fungsi dari MCB ini adalah juga sebagai Sekering Otomatis dimana dia akan memutuskan arus pada saat arus yang di perlukan melebihi dari yang di butuhkan atau Over Voltage,dan berguna untuk sebagai Pengamanan pada arus listrik.

MCB Berguna di mana Pada sebuah Jaringan Rumah atau isntalasi terdapat short atau konslet dan juga untuk pengamanan saat akan di adakan nya perbaikan pada sebuah jalur yang akan di rubah atau di perbaiki,ini kita bisa lakukan pengamanan secara manual dengan memutuskan atau meng Off kan si MCB tersebut,maka kita akan terhindar dari sengatan listrik.

Jadi Fungsi dari MCB Adalah :


Sebuah alat tambahan yang berguna dan berfungsi untuk menghubungkan dan juga memutuskan Arus Listrik dan bisa kita terapkan pada beberapa rangkaian listrik,di mana alat ini akan bekerja saat ada beban berlebih atau Over Voltage maka MCB akan otomatis memutuskan nya,Jadi selain bekerja Otomatis sesuai dengan ukuran dan kapasitas MCB yang kita pakai,Namun kita juga bisa lakukan dengan cara manual.

Baca Juga :
Mengetahui Jenis Kabel Instalasi Listrik Rumah Arus Besar
Mengetahui Jenis Kabel Listrik dan kegunaan nya
Cara Mengatasi setrika Rusak dan tidak Panas
Yaitu Dengan Menghidupkan nya pada switch Posisi ON atau juga mematikan nya Pada Swicth Posisi Off,dan  Perlu kita ketahui ada beberap Jenis MCB yang banyak di pakai Pada jalur instalasi listrik yaitu menggunakan Pemutusan Arus dengan cara Magnetic atau Magnetic Tripping dan Juga ada yang bekerja dengan Temperature Suhu  atau istilahnya Thermal Tripping
Untuk Jenis Jenis dan Type MCB Ada beberapa Jenis yang Umum Kita Jumpai di antara nya adalah :

1.MCB Type B
Jenis MCB ini banyak di gunakan untuk kebutuhan pada instalasi Rumahan atau juga Toko dan perkantoran yang tidak terlalu membutuhkan arus yang cukup besar ,karena type MCB B ini adalah di peruntukkan untuk yang bekerja tidak terlalu berat,yaitu sekitar 3 sampai 5 kali beban arus pada Maksimum ukuran MCB yang di pakai

2.MCB Type C
Jenis MCB dengan Type C ini adalah sebuah MCB untuk kebutuhan lebih besar dari type B,maka jenis MCB ini cocok pada penggunaan  untuk lepel Pabrik atau industry dan beberapa instalasi yang cukup besar beban nya,karena memiliki kemampuan  5 Sampai 10 Kali dari Nominal penggunaan Arus pada body MCB Tersebut.

3.MCB Type D
Untuk Jenis MCB ini Banyak di pakai pada industry industry yang memerlukan daya sangat besar dan cukup tinggi,maka biasanya menggunakan MCB Jenis ini,yang mempunyai kemampuan 10 Sampai 25 Kali lebih besar dari Maximum Kemampuan atau ukuran dari MCB yang di pakai,biasanya di peruntukan untuk kebutuhan yang mempunyai atau penggunaan alat dengan lonjakan yang cukup besar seperti pada mesin – mesin industry.

Mengetahui Fungsi MCB Pada Rangkaian Listrik. Memang akan memudahkan kita dalam hal penerapan dan penggunaan di lapangan,apakah arus yang akan kita pakai sesuai dengan kebutuhan MCB yang akan di pergunakan atau tidak ,Namun Perlu kita ketahui biasanya banyak beredar di pasaran  dan umum di jual di toko toko bangunan atau listrik pada umum nya adalah :
MCB Umum yang Banyak Di pakai di Pasaran :

MCB – 6 Amper
MCB – 10 Amper
MCB – 13 Amper
MCB – 16 Amper
MCB – 20 Amper
MCB – 25 Amper
MCB – 32 Amper
MCB – 40 Amper
MCB – 50 Amper
MCB – 63 Amper
MCB – 80 Amper
MCB – 100 Amper
MCB – 125 Amper

Mengenal Dua Jenis Sytem MCB Yang Banyak Beredar Sekarang :


System Magnetik ( Magnetic Tripping )
System ini Bekerja pada MCB Pada saat arus atau beban yang di lalui Oleh arus listrik pada MCB ini Melebihi Kapasitas nya atau Short,Maka MCB ini bekerja dengan Mengandalkan medan magnet Pada Selenoid MCB Dan akan memantik atau menarik switch MCB ,Hingga arus akan terputus dan mematikan nya pada Jalur yang melalui MCB ini.

System Thermal (Thermal / Suhu Tripping )
System ini adalah sebuah system pada MCB yang menerapkan sebuah Rangkaian Otamatis yang di Pantik dengan Panas atau suhu tertentu,yang mengakibatkan pada bagian dalam MCB akan berubah panas dan Melengkung di ukuran sushu tertentu dan memantik pemantik secara otomatis serta meng OFF kan jalur agar tidak tersambung ,dan biasanya MCB jenis ini banyak kita Jumpai di pasaran,.

Nah sahabat semua ,semoga pembahasan tentang Mengetahui Fungsi MCB Pada Rangkaian Listrik. Bisa bermanfaat terutama untuk semua dan kalangan umum yang mungkin masih awam tentang alat atau MCB yang sering kita jumpai dalam keseharian,semoga bermanfaat dan salam sukses……














Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel